A. Definisi
Komunikasi berasal dari bahasa latin “communis” atau
‘common” dalam Bahasa Inggris yang berarti sama. Berkomunikasi berarti kita
berusaha untuk mencapai kesamaan makna, “commonness”. Atau dengan ungkapan yang
lain, melalui komunikasi kita mencoba berbagi informasi, gagasan atau sikap
kita dengan partisipan lainnya. Kendala utama dalam berkomunikasi adalah
seringkali kita mempunyai makna yang berbeda terhadap lambang yang sama.
B. Pentingnya Komunikasi
dalam Organisasi
Sebagai makhluk sosial , di dalam kehidupannya sehari
– hari , manusia harus melakukan komunikasi dan interaksi dengan orang lain .
Dalam komunikasi , manusia membutuhkan orang lain atau suatu kelompok untuk
melakukan interaksi . Hal ini merupakan suatu hakekat bahwa sebagian besar
pribadi manusia terbentuk dari hasil integrasi sosial dengan sesame kelompok
dan masyarakat . Di dalam organisasi atau perusahaan tersebut biasanya selalu
terdapat bentuk kepemimpinan yang merupakan masalah penting untuk kelangsungan
berjalannya suatu organisasi atau perusahaan , yang terdiri dari pimpinan dan
karyawan atau anggota.
Hubungan yang baik antara karyawan dan manajemen pun
juga menghasilkan banyak manfaat. Ide-ide baru dari karyawan mengenai solusi
dari masalah yang terjadi di perusahaan akan mudah terselesaikan. Produktivitas
pun juga meningkat karena karyawan dengan suka rela memberikan tenaga dan
pikiran pada perusahaan.
. Di antara kedua belah pihak harus terjalin two way
communications atau komunikasi dua arah atau komunikasi timbal balik . Untuk
itu , diperlukan kerja sama untuk yang diharapkan untuk mencapai cita – cita ,
baik cita – cita pribadi atau organisasi / perusahaan , untuk mencapai tujuan
organisasi atau perusahaan yang diinginkan . Komunikasi dan Interaksi yang
terjadi merupakan suatu proses adanya suatu keinginan masing – masing individu
untuk memperoleh hasil yang nyata dan dapat memberikan manfaat untuk kelanjutan
hidup mereka .
Bila sasaran komunikasi dapat diterapkan di dalam suatu
organisasi atau perusahaan , maka sasaran yang dituju pun akan beraneka ragam
tetapi tujuan utamanya tentulah untuk mempersatukan individu – individu yang
tergabung di dalam organisasi atau perusahaan tersebut.
C. Bentuk Komunikasi
1. Komunikasi Antar Pribadi
Komunikasi ini penerapannya antara
pribadi/individu dalam usaha menyampaikan informasi yang dimaksudkan untuk
mencapai kesamaan pengertian, sehingga dengan demikian dapat tercapai keinginan
bersama.
2. Komunikasi Kelompok
Pada prinsipnya dalam melakukan suatu
komunikasi yang ditekankan adalah faktor kelompok, sehingga komunikasi menjadi
lebih luas. Dalam usaha menyampaikan informasi, komunikasi dalam kelompok tidak
seperti komunikasi antar pribadi.
3. Komunikasi Massa
3. Komunikasi Massa
Komunikasi
massa dilakukan dengan melalui alat, yaitu media massa yang meliputi cetak dan
elektronik.
Dengan landasan konsep-konsep komunikasi sebagaimana
yang telah diuraikan, maka kita dapat memberi batasan tentang komunikasi dalam
organisasi atau perusahaan secara sederhana, yaitu komunikasi antarmanusia
(human communication) yang terjadi dalam kontek organisasi atau perusahaan .
Atau dengan meminjam definisi dari Goldhaber, komunikasi organisasi diberi
batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan yang sifat hubungannya saling
bergabung satu sama lain (the flow of messages within a network of
interdependent relationships). Masing-masing arus komunikasi tersebut mempunyai
perbedaan fungsi yang sangat tegas. Berikut adalah pengertian dan fungsinya :
1. Downward Communications
Downward Communications adalah komunikasi yang berlangsung ketika orang-orang yang berada pada tataran manajemen mengirimkan pesan kepada bawahannya. Fungsi arus komunikasi dari atas ke bawah ini adalah:
Pemberian atau penyimpanan instruksi kerja (job instruction)Ø
Penjelasan dari pimpinan tentang mengapa suatu tugas perlu untuk dilaksanakan (job retionnale)Ø
Penyampaian informasi mengenai peraturan-peraturan yang berlaku (procedures and practices)Ø
Pemberian motivasi kepada karyawan untuk bekerja lebih baik.Ø
2. Upward Communication
Upward Communication adalah komunikasi yang terjadi ketika bawahan (subordinate) mengirim pesan kepada atasannya. Fungsi arus komunikasi dari bawah ke atas ini adalah:
1. Penyampaian informai tentang pekerjaan pekerjaan ataupun tugas yang sudah dilaksanakanØ
2. Penyampaian informasi tentang persoalan-persoalan pekerjaan ataupun tugas yang tidak dapat diselesaikan oleh bawahanØ
3. Penyampaian saran-saran perbaikan dari bawahanØ
4. Penyampaian keluhan dari bawahan tentang dirinya sendiri maupun pekerjaannya.Ø
3. Horizontal Communication
Horizontal Communication adalah tindak komunikasi ini berlangsung di antara para karyawan ataupun bagian yang memiliki kedudukan yang setara. Fungsi arus komunikasi horisontal ini adalah:
1. Memperbaiki koordinasi tugasØ
2. Upaya pemecahan masalahØ
3. Saling berbagi informasiØ
4. Upaya pemecahan konflikØ
5. Membina hubungan melalui kegiatan bersama.Ø
http://dhayuachmad.blogspot.com/2011/05/pentingnya-komunikasi-dalam-perusahaan.html
hei kawan, karena
BalasHapuskita ini mahasiswa
gundar, tolong ya
blognya di kasih link
UG, seperti
-
www.gunadarma.ac.id
- www.studentsite.
gunadarma.ac.id dan
lain lain
karna link link
tersebut
mempengaruhui
kriteria penilaian
mata kuliah soft skill
Selain itu, Yuk kita
ikut lomba 10
kategori lomba
khusus bagi
mahasiswa Universitas
Gunadarma. Edisi
Desember2012 ini
diperuntukan bagi
mahasiswa S1 dan
D3. Tersedia 100
pemenang, atau 10
pemenang untuk
setiap kategori.
berikut linknya http://
studentsite.
gunadarma.ac.id/
news/news.php?
stateid=shownews&
idn=755
oh iya, kalian nggak
mau ketinggalan kan
untuk update
terhadap berita
studentsite dan baak ,
maka dari itu, yuk
pasang RSS di
Studentsite kalian..
untuk info lebih
lanjut bagaimana cara
memasang RSS ,
silahkan kunjungi link
ini http://
hanum.staff.
gunadarma.ac.id/
Downloads/folder/0.5
makasi :)